Saturday, October 11, 2014

Sinopsis Novel Sang Pemimpi - Andrea Hirata


 "Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu."

Ya, hanya dengan bermodal 'berani bermimpi', semua keinginan kita akan tercapai. Dengan catatan merealisasikan mimpi-mimpi itu.

Tak peduli siapa kit, yang penting berani bermimpi.

Ikal dan Arai yang bersahabat sejak SMA, sudah mulai menata mimpi-mimpi mereka. Sejak SMA, Pak Balia guru mereka sudah membakar semangat mereka. Beliau selalu memotivasi muridnya, apalagi tentang Universitas Sorbonne di Paris.


Tak hanya mengenai SMA, Arai juga mengenal seorang gadis bernama Zakia Nurmala, dengan segala upayanya ia ingin menyenangkan gadis itu, bahkan sampai belajar dari penyanyi kondang, Bang Zaitun. Namun nihil, Si cantik Zakia Nurmala itu tak sedikitpun melirik Arai.

Maka, dengan tekad dan semangat yang kuat, Ikal dan Arai memberanikan diri untuk pergi ke Jakarta selepas mereka lulus SMA. Tak disangka, kepergian mereka diantar oleh lambaian tangan dan senyum manis Zakia.

Namun, mereka tidak langsung begitu saja mencapai mimpinya. Banyak kerja keras yang mereka lakukan, mulai bekerja di kantor pos, hingga tukang fotokopian di kampus. Hingga mereka akhirnya diterima di Kampus UI. Ikal jurusan perekonomian, dan Arai jurusan Biologi.

Mereka belajar giat dan sungguh-sungguh, sambil kerja sambilan di fotokopian itu. Akhirnya dengan segala rintangan, tes, kegigihan, mereka berdua diterima studi magister di universitas impian mereka: Universite de Sorbonne, Paris. Luar biasa. Bukan main!

0 komentar:

Post a Comment