Sunday, September 7, 2014

Kuliah.. ya jangan 'cuma' kuliah saja :)



Belakangan ini, saya yang baru menyelesaikan semester 2 ini menjadi begitu tertarik dengan seputar kegiatan non-akademik di kampus.

Awal 2014 lalu, BEM Fakultas MIPA mengadakan open recruitment untuk posisi staff di berbagai departemen yang ada. Dari situ, aku mulai tertarik dengan yang namanya 'BEM', loh kok kayanya asik ya ikut organisasi semacam bem tuh. Dan akhirnya dengan segala pertimbangan aku memutuskan untuk mengisi formulir dan melakukan wawancara pada awal 2014 itu. Alhamdulillah wawancaranya lancar, dan selang beberapa hari setelah wawancara tersebut aku mendapat sms bahwa aku diterima di departemen keprofesian, di bawah kementerian Penalaran.

Pada kumpul pertama anggota baru BEM Kema FMIPA Unpad, hari minggu tepatnya, kami dikumpulkan dalam satu lingkup keluarga BEM, dan kemudian kumpul per departemen. Disini kita mulai sharing-sharing mengenai pengalaman bem tahun lalu, pengalaman kakak tingkat selama berorganisasi. Dan katanya, berorganisasi itu banyak banget manfaatnya, gak ada ruginya sama sekali. Hanya tinggal bagaimana cara kita mengatur waktu antara perkuliahan dengan organisasi.

Nahh, selama 6 bulan kami menjalani kepengurusan di BEM, alhamdulillah ternyata memang betul terasa sekali manfaatnya, mulai dari dapat teman banyak hingga dapat ilmu dan motivasi. Dan juga dapat ilmu baru yang tidak didapat di perkuliahan. Jika dibuat list, nah seperti ini keuntungan mengikuti organisasi kampus seperti BEM:

1. Dapat teman banyak, yang nantinya berguna sebagai link.
2. Meningkatkan softskill.
3. Dapat motivasi lebih, bahwa sebagai mahasiswa jangan cuma kuliah saja, tapi juga berorganisasi dan berkarya.
4. Kenal sama orang-orang hebat, seperti mahasiswa berprestasi, teman2 yang menjuarai berbagai kompetensi.
5. Dapat ilmu tentang komunikasi.
6. Bekerja sesuai deadline.
7. Dapat informasi lebih dulu, karena informasi-informasi biasanya melalui bem dulu.
8. Dapat kisi-kisi, misalnya soal ujian tahun lalu dari kakak tingkat atau dari teman.


Nah itu baru sebagian kecil manfaat mengikuti organisasi. Dan kebetulan, kepala Departemen saya adalah mahasiswa berprestasi no.2 di Fakultas Mipa. Namanya Teh Putri. Tetehnya asyik banget, enak diajak sharing seputar karya ilmiah. Teteh ini tuh udah menjuarai Pimnas 4x. Keren kann. Ide untuk PKM - PKM nya tuh banyak banget, kayanya ngalir aja dengan lancarnya. Pernah, waktu kemaren juga aku lagi down banget, padahal masuk kuliah baru 3 hari di semester 3, tapi kayanya tuh udah dikasih tugas banyak aja, dan suasana di kelas emang lagi gak nyaman, dan pada suatu kesempatan, aku sama teman2 keprofesian dan Teh Putri ini berkumpul, sharing-sharing. Dan dia sharing pengalamannya selama di pimnas, dan ngejelasin kalo kita tuh kuliah, ya jangan cuma kuliah aja. Manfaatin lah selagi kita menjadi mahasiswa tuh, bisa terus untuk berkarya, ikutilah PKM (program kreativitas mahasiswa) yang diadakan oleh dikti, selain kita bisa menuliskan hasil karya kita, bisa juga mendapatkan uang untuk merealisasikan ide-ide tersebut, jika berhasil didanai dikti. Dan setelah itu tahapnya masuk ke Monev (monitoring dan evaluasi), jika lolos, masuk Pimnas (pekan ilmiah mahasiswa nasional), dan kalo juara disini, dan nyumbang medali untuk universitas tuh rasanyaaa.. Ahh bangga banget pokoknya. Ya walaupun aku belum pernah ikut pkm sih, tapi rencananya sekarang ingin membentuk tim pkm bersama teman-teman di Mipa. Semoga aja bisa mengikuti jejaknya teh Putri :) aamiin.




Nahh gitu, jadi dengan ikut BEM tuh, aku ngerasa dihargain disini, karena orang-orang BEM tuh netral banget. Disini aku punya keluarga baru, disaat aku ngerasa jenuh dengan dunia perkuliahan, terutama di kelas, nah dengan bertemu dan sharing dengan teman2 BEM, semangatku langsung meningkat lagi. Aku senang sama teman-teman di BEM, banyakkk bangeeet manfaatnya. Gak bakalan rugi kalo kita ikutan BEM, malah ipk pun naik, asalkan kita benar-benar  komitmen di BEM dan konsisten dalam mengatur waktu untuk belajar dan berorganisasi, serta berkarya :)

1 comment:

  1. I'm Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photos as part of our content. The credit's still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    ReplyDelete